Mengenai Saya

Foto saya
menyulam sedikit kasih bagi mereka yang membutuhkan cinta. uluran sayang berupa informasi yang dibagi di sini. bersediakah Anda juga ikut berbagi informasi tentang saudara kita? sungguh indahnya berbagi, dan Giver yakin Anda bersedia...

20 September 2011

Social Experience : Candu Kasih

aku tidak pernah berkeinginan mengunjungi tempat itu sampai suatu hari seseorang mengubahnya dariku. ia adalah adik angkatku yang sangat kusayangi.

"Mbak, ayo kita ke panti asuhan" ajaknya tanpa meminta persetujuanku.

di saat itu, hatiku baru saja dihancur leburkan oleh orang yang paling aku sayangi. sakit dan merasa sangat dikhianati oleh hatinya. dan akhirnya aku mau menghabiskan hariku di panti jompo. ragu menggodaku, namun benakku yang ingin mencari pelarian telah memilih langkahku untuk ikut dalam kegiatan amal pagi itu.

sesampainya di sana, aku benar-benar seperti anak kecil yang pertama kali ke sekolah. lingkungan yang benar-benar asing buatku. aku anak bawang di sana.

kuperhatikan adik angkatku beserta teman-temannya begitu mudah akrab bersama mereka, tidak sepertiku yang merasa begitu aneh untuk melayani mereka yang renta. akhirnya karena masih memiliki perasaan malu, kuberanikan diri untuk ikut mengajak bicara nenek yang tengah terbaring di tempat tidurnya.

cara berbicaranya yang tidak jelas membuatku sedikit risih, namun kucoba mendekatkan diri dengannya. WOW! si nenek lagi curhat. perempuan tetap perempuan, bahkan di saat tuanya, mereka tetap membutuhkan kita sebagai tempat curhat. ia mengatakan bahwa pengurus sana sangat serakah, apapun yang diberikan oleh pengunjung pasti akan diambil kembali olehnya.

terhenyak kudengar curhat nenek. di saat mereka renta, masih ada juga orang tidak tahu diri yang memanfaatkan kesempatan untuk mencuri. sungguh keterlaluan!

aku benar-benar simpatik dengan nenek.

"sungguh keterlaluan, Dek!" umpatku saat kami telah tiba di rumah.
"sudah, Mbak. yang penting kita dapat menemani mereka walaupun sekedar bercerita namun sebaiknya memang kita memberikan orang lanjut usia berupa makanan daripada uang atau barang-barang yang tidak berguna" kata adikku menjelaskan.
"iyah" jawabku pasrah.

hari itu memberikanku sebuah perasaan menghargai orang renta yang perlu kita temani dan sayangi di saat mereka benar-benar membutuhkan kita. dan sejak saat itu, di waktu tertentu aku merasakan rindu untuk bercengkerama dengan mereka. aku sadar bahwa aku telah menyayangi mereka dan ingin menjadi air penyejuk haus dahaga mereka dengan sedikit perhatianku. aku kecanduan berbagi kasih.

#Equator200911

1 komentar: